Selasa, 31 Mei 2016

KHASIAT POKAK dan RESEP SAMBAL POKAK TUMIS UDANG

Edit Posted by with No comments
Hey Readers lagi apa nih???
Sebentar lagi kita akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang insha Allah akan jatuh pada tanggal 6 Juni 2016. Persiapan apakah yan sudah readers lakukan?
Pastinya readers harus mulai mempersiapkan kondisi tubuh untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, selain itu para Ladies pasti bingung khan untuk menentukan menu buka puasa dan sahur apa yang akan disajikan kepada keluarga nanti.

Nah....readers tau buah pokak/terong pipit/ buah rimbang/cepokak, waduh kok namanya banyak banget!@#$%$. Karena masing-masing daerah pasti beda penyebutan namanya. Oke biar lebih enak sebut saja si hijau ini pokak. Yupp pokak atau sebutan apalah itu... memiliki nama latin Salanum ferrogium Jacq dan merupakan Suku dari Solanaceae yang merupakan Jenis dari tanaman Solanum torvum Swartz nah tumbuhan ini banyak di tanam atau kadang tumbuh dengan sendiri di kebun dan masih sejenis terong-terongan.

  

Buah Pokak sendiri Di percaya oleh Masyarakat kita bisa untuk menyembuhkan mata yang minus atau plus atau yang Rabun karena sesuatu hal. Namun penelitian belum dilakukan oleh medis atau ilmiah, namun kepercayaan Masyarakat tentang itu sangat di perkuat dengan berbagai kesembuhan yang datang kepada sebagian orang.



Sementara itu kandungan kimia pada daun tersebut, bunga dan buahnya antara lain Fosfor, Flavonid, Zat Besi, Saponin, Tanin, Alkaloid, Protein Lemak, Kalsium, serta Vitamin A, B dan juga C. Yang dapat dimanfaatkan sebagai obat jantung berdebar (daun), kepala pusing, kurang nafsu makan serta tekanan darah tinggi (daun dan buahnya).
Selain itu berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman terong cepokak bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, berikut ulasannya :

1. Obat pinggang kaku, bengkak terpukul
Cara mengobati pinggang yang terasa kaku yaitu dengan menggunakan akar kering 10 – 15 gram direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas dinginkan, saring, minum 2 kali 1 gelas.
2. Obat sakit lambung, tidak datang haid
Cara mengobati sakit lambung atau haid tidak datang yaitu dengan akar kering 10 – 15 gram direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas dinginkan, saring, minum 2 kali 1 gelas.
3. Obat batuk kronis
Untuk cara mengobati batuk kronis yaitu dengan akar kering 10 – 15 gram direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas dinginkan, saring, minum 2 kali 1 gelas.
4. Obat bisul dan koreng
Untuk cara mengobati bisul atau koreng yaktu dengan daun segar dicuci bersih lalu digiling halus, dibubuhkan ke tempat yang sakit, lalu dibalut.
5. Obat jantung berdebar (tachycardia)
Cara mengobati sakit jantung berdebar yaitu dengan daun takokak 6 lembar ditambah ½ jari rimpang kunyit dicuci bersih lalu ditumbuk halus, tambahkan ½ cangkir air masak dan 1 sendok makan madu. Diperas dan disaring minum sehari 2 kali.

Nah readers itu tadi manfaatnya dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Selain itu pokak juga biasa dijadikan sebagai lalapan bahkan santapan nikmat seperti sambal pokak. Seperti apa membuatnya dan apa saja bahannya berikut tahapannya >>>>>>>>>>>>>>>>>

Bahan Utama:
Udang (Buang kulit kepalanya)
Pokak
Tempe (Potong Dadu) goreng
air matang

Bumbu yang dihaluskan:
7 Buah cabe keriting
5 Buah cabe rawit
1 bh tomat
1 sdt garam / penyedap (jika suka)
2 sdt gula
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdm minyak goreng untuk menumis..

Cara Membuatnya :






Buah pokak di buang tangkainya, kemudian cuci bersih dan rebus hingga empuk.










  

Sembari menunggu pokak matang, siapkan bumbu -bumbu yang sudah di haluskan.
Tumis bumbu tersebut dengan minyak hingga harum, lalu masukkan udang yang sudah dicuci bersih.
Begitu udang mulai berubah warna masukkan pokak dan potongan tempe yang sudah digoreng terlebih dahulu,dan masukkan gula dan garam tumis hingga udang matang.

 
Voila Sambal Pokak Udang siap dihidangkan umamiii <3<3

0 komentar:

Posting Komentar